Tiga Wasiat Rasulullah kepada Abu Hurairah

  Yes  Muslim  - Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu adalah salah seorang sahabat dekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Kedekatan Abu Hurairah dengan Rasulullah di antaranya karena beliau bermulazamah hingga menjadi periwayat hadits terbanyak. 





Begitu dekatnya hubungan dengan Rasulullah, Abu Hurairah dalam hadits menyebut Rasulullah dengan “kekasih.”

Rasulullah pernah berwasiat kepada Abu Hurairah untuk senantiasa mengamalkan tiga amal yaumiyah. Tiga wasiat ini selalu dipegang oleh Abu Hurairah dan tidak pernah ia tinggalkan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan tiga hal yang tidak akan kutinggalkan hingga mati yakni berpuasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari)

وْصَانِى خَلِيلِى -صلى الله عليه وسلم- بِثَلاَثٍ بِصِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَىِ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ

“Kekasihku (Rasulullah) shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari dan Muslim)

Puasa Ayyamul Bidh


Wasiat pertama adalah puasa tiga hari setiap bulan. Puasa ini tidak lain adalah puasa ayyamul bidh. Yakni puasa pada tanggal 13, 14 dan 15 di setiap bulan hijriyah. Disebut ayyamul bidh karena pada tanggal-tanggal itu bulan bersinar dengan terang/putihnya.

Salah satu keutamaan puasa ayyamul bidh, siapa yang rutin mengerjakannya, ia seperti puasa sepanjang tahun. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari)

Sholat Dhuha


Wasiat kedua adalah sholat dhuha dua rakaat. Meskipun hanya dua rakaat, sholat dhuha setara dengan 360 sedekah yang merupakan hak sedekah bagi setiap sendi manusia. Dengan menunaikan sholat dhuha dua rakaat, kita telah memenuhi hak sedekah sendi-sendi tersebut.

فِى الإِنْسَانِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلاً فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ. قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا وَالشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ

“Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud)

Sholat Witir


Wasiat ketiga adalah sholat witir sebelum tidur. Sholat witir merupakan sholat dengan bilangan rakaat ganjil dan termasuk bagian dari sholat malam. Waktunya terbentang sejak setelah isya’ hingga terbit fajar.

Sholat witir juga memiliki banyak keutamaan di antaranya dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dua hadits di atas juga menjadi dalil bahwa sholat witir boleh dikerjakan sebelum tidur. Dan bagi orang-orang yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, mengerjakan witir sebelum tidur merupakan salah satu sunnah. Sedangkan yang bisa bangun di akhir malam, mengerjakan witir di akhir malam lebih utama.

مَنْ خَافَ أَنْ لاَ يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلاَةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ

"Barangsiapa yang khawatir tidak akan sanggup bangun pada akhir malam, hendaknya ia berwitir pada permulaan malam. Dan barangsiapa yang merasa sanggup bangun pada akhir malam, hendaknya ia berwitir pada akhir malam itu. Sebab mengerjakan sholat pada akhir malam itu disaksikan malaikat yang demikian itu lebih utama." (HR. Muslim)

Semoga, kita juga bisa mengamalkan apa yang diwasiatkan Rasulullah kepada Abu Hurairah. [Muchlisin BK/Tarbiyah]



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Ditanya Di Manakah Neraka, Jawaban Umar Bikin Yahudi Takjub




  Yes  Muslim  - “Jika surga itu seluas langit dan bumi, lalu di manakah neraka?” tanya seorang Yahudi kepada Umar bin Khattab seusai ia mendengar Surat Ali Imran ayat 133.

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa” (QS. Ali Imran: 133)

Umar tidak langsung menjawab. Ia melemparkan pertanyaan itu kepada sahabat lainnya.

“Wahai para Sahabat, jawablah pertanyaan itu” 

Melihat tidak seorang pun di antara para sahabat yang hadir di sana yang bisa menjawabnya, Umar balik bertanya kepada orang Yahudi tersebut.

“Tahukah engkau akan siang, apabila datang waktu malam menyelimuti bumi, lalu di manakah malam itu?”

Orang Yahudi itu itu terkejut. “Sesuai dengan kehendak Allah,” kalimat itulah yang akhirnya muncul dari lisannya.

“Demikian halnya dengan neraka,” lanjut Umar. “Tentunya juga sesuai dengan kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Orang Yahudi itu takjub dengan jawaban Umar. “Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya itu telah ada dalam Kitab Allah yang diturunkan, seperti yang Tuan katakan.”

Kisah yang dituturkan Syaikh Al Kandahlawi dalam Hayaatus Shahabat ini menunjukkan kejernihan hati Umar dan kecemerlangan akalnya. Dengan izin Allah, ia mampu menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti manusia; bukan hanya umat Islam, bahkan Yahudi sekalipun.

Kisah ini dan Kisah Umar bin Khattab lainnya merupakan kisah-kisah yang penuh dengan ibrah dan pelajaran berharga. Siapa yang mengambilnya, ia akan mendapatkan kebaikan demi kebaikan. Siapa yang merenungkannya, akan mendapati gambaran pemimpin legendaris yang dicintai umat. Tergambar kehidupan generasi terbaik umat ini. Dan terlukis satu kesimpulan besar; apabila para sahabat sehebat ini, terbayang betapa hebatnya Sang Murabbi mereka, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. [Muchlisin BK/Tarbiyah.net]




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

TAHUKAH ANDA? Hari Ini, Jumat 9 Ramadhan 1439 H, Tepat 75 Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI

  Yes  Muslim  - Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat, dilaksanakan pada hari Jumat 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 9 Ramadhan 1364 Hijriah.

Hari ini, Jum'at 9 Ramadhan 1439 H, tepat 75 tahun proklamasi Kemerdekaan Indonesia menurut kalender Hijriah.

Masya Allah... Republik ini merdeka di bulan Ramadhan, di hari Jum'at. Maka sangat tepat dibuka dengan kalimat Agung “Atas berkat rahmat
Allah Yang Maha Kuasa...."

Apa makna dan hikmah yang bisa kita petik?

👉 Jum'at adalah hari yang agung, berstatus sayyidul ayyam (penghulunya hari-hari), hari penciptaan alam sekaligus hari binasanya alam (kiamat).

👉 Ramadhan adalah bulan yang agung, berstatus sebagai syahrul qur'an, didalamnya ada lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

👉 Sembilan (9) adalah angka tertinggi, mengingatkan dengan walisongo.

👉 Berbicara tentang taqdir, maka tidak ada kejadian yang berstatus kebetulan, semua sudah tertulis.

👉 Bagi sebagian pihak, mungkin ilmu ini hanya dianggap othak - athik gathuk. Tapi tidak bagi kami.

👉 Ini adalah penegasan tentang puncak perjuangan yang dilakukan para pejuang shaleh sebelumnya.

👉 Ini adalah pertanda bahwa Indonesia semestinya tampil menjadi anugerah bagi bangsa lain di dunia.

👉 Ini adalah pemicu bagi generasi selanjutnya untuk meneruskan perjuangan dan mewarisi kejayaan.

(Eko Jun)





Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Presenter Berita Tina Talisa Putuskan Berhijab, Inilah Momen ”20 Tahun”




  Yes  Muslim  - News anchor atau pembawa berita televisi Tina Talisa kini memutuskan untuk menunaikan kewajiban seorang muslimah dengan menutup aurat. Tina memutuskan untuk mengenakan hijab.


Tanda-tanda itu ia ungkapkan melalui sebuah unggahan di jejaring sosial.

"21 Mei 2018. 20 tahun reformasi Indonesia. Titik awal reformasi diri sendiri. Bismillaahirrohmaanirrohiim," kata Tina pada 22 Mei 2018.



Unggahan positif Tina mendapatkan respons dari para pengikutnya.

"Alhamdulillah......selamat hijrah ya mbak. Barakallah, amin," kata @khatulis_setiawati.

"MasyaAllah.... reformasinya dimulai di bulan ramadhan, yang memang menjafi bulan dimana kita diwajibkan berpuasa dengan tujuan agar kita taat kepada Allah.... (Al-baqarah -183) semoga menjadi awal yang baik dan dimudahkan untuk selalu istiqomah di jalan Allah Amin," kata akun @Amirullahdean.

"Bismillaahirrohmaanirrohiim.. cantiknya Tinaaa❤ smoga istiqomah. Barokalloh," kata @Fitridrgfaraddy.[www.tribunislam.com



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Mulan Jameela Mantap Berhijab, Alasannya Bikin Merinding

  Yes  Muslim  - Penyanyi Mulan Jameela belakangan kerap mengenakan hijab. Banyak yang mengira karena memang sedang bulan puasa. Ternyata penampilannya yang baru ini bukanlah yang pertama. Mulan mengaku sudah berhijab sejak ia mengunjungi Palestina bersama suaminya, Ahmad Dhani, beberapa waktu lalu.


Ia mengaku sudah lama ingin menutup rambutnya dengan kerudung. Namun dia masih ragu meski Dhani sudah memintanya untuk berhijab lama.

"Mas Dhani pengin aku pake jilbab, cuma mungkin akunya saja belum terketuk, namanya juga manusia, ya," ujarnya di Jakarta Pusat, Kamis (24/5).






Perjalanannya ke Palestina selama sembilan hari bersama Dhani adalah salah satu alasan kenapa dia ingin mengenakan hijab. Palestina bagi dirinya adalah negara yang nyaman dan tenang.

"Aku ngelihat banyak hal di sana. Aku mau pakai jilbab bukan karena dari Palestina saja, tapi memang dari Palestina ini semakin menancapkan hati aku untuk berjilbab," ujarnya.





"Yang terbersit adalah, usia segini mau ngapain lagi? Mau kejar apa lagi? Manusia hidup di dunia mau berapa lama lagi? Walaupun seratus tahun, itu kan enggak terukur. Pada saat nanti kita di akhirat itu, yang berjuta tahun lamanya tinggal di sana dan bukan jutaan tahun lagi, tapi kekal hidup di akhirat nanti. Aku mikirnya, aku masih banyak banget PR yang aku harus lakukan," sambungnya.



Ia merasakan banyak perubahan dalam dirinya. Sekarang, perempuan 38 tahun itu mengaku semakin memperketat ibadahnya. Selain itu, Mulan juga tidak takut kehilangan pekerjaan karena dirinya yang kini berhijab.

"Masalah kerjaan, aku sih udah lillahi ta’ala, semua rezeki Allah yang atur, kita kan niatnya juga mau memperbaiki dirilah. Semakin tahun kan, semakin berpikir, usia nih bukan bertambah, tapi berkurang. Jadi, waktu kita hidup di dunia ini, semakin berkurang. Jadi ya, sudah bukan uber-uberan mikirin dunia lagi, uber-uberan gimana caranya mikirin harus banyak bekal nanti," tutupnya seperti dilansir kumparan.  [www.tribunislam.com]




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Tak Masuk List 200, Ustadz Abdul Somad Malah Dihormati dan Ngisi Pengajian di Mahkamah Agung RI

  Yes  Muslim  - JAKARTA - Nama Ustadz Abdul Somad tidak termasuk dalam Daftar 200 Muballigh versi Kementerian Agama yang direkomendasikan.

Namun sepertinya hal itu tidak berpengaruh terhadap dakwah ustadz Abdul Somad di instansi-instansi pemerintahan.

Bahkan hari ini, Kamis (24/5/2018), Ustadz Abdul Somad diundang untuk mengisi Kajian ba'da Dhuhur di Masjid Al-Mahkamah, Mahkamah Agung RI, Jakarta.

Di akun instagramnya, Ustadz Abdul Somad juga mengunggah foto dirinya ditemui dan duduk bersama Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. Muhammad Hatta Ali, SH. MH dan para hakim.




Sontak warganet rame berkomentar.

@imamalfinasGak terdaftar di kemenag, malah naik lg renting UAS. masyaAllah, semua bs terjadi dengan kehendakNYA.

@epik.taopikMasya allah.. ustadz yg rendah hati ini tak termasuk 200 daftar mubaligh rekomendasi menag. Ustadz yg cerdas ini di katain iblis sama 'iblis'. Tapi masya allah.. beliau ttp tawadhu... Sehat terus ustadz. Ana uhibbuka fillah @ustadzabdulsomad.

@haji7484Memang UAS terbaik,. Tak usah pakai tabel segala, kita masyarakat Sulawesi Selatan mendukung selalu.

Berikut video ceramah Ustadz Abdul Somad di Masjid Al-Mahkamah, Mahkamah Agung RI, Jakarta.

[video]





Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Ortu Penghina Presiden : "Tidak ada niat menghina, ini semata-mata untuk menguji kemampuan Polisi"



  Yes  Muslim  - Setelah videonya viral dan gegerkan publik tanah air, orang tua dari remaja penghina Presiden Jokowi akhirnya menyampaikan permintaan maaf.

Hal ini disampaikan dalam sebuah pesan video yang beredar di sosial media.

Dalam video tersebut sang Bapak menyampaikan:

"Saya sebagai orang tua mengakui kenakalan dari anak kami yang baru berusia 16 tahun. Tidak ada niatan untuk menghina Bapak Presiden Jokowi ataupun menghujat ataupun membenci Bapak Presiden Jokowi."

"Kenalakan anak kami ini semata-mata untuk menguji kemampuan daripada pihak kepolisian. Dan kejadian ini sudah berlangsung sejak kurang lebih tiga bulan yang lalu."

"Pada kesempatan ini saya sebagai orang tua mohon maaf kepada Bapak Presiden Jokowi atas kejadian ini dan
kepada seluruh masyarakat Indonesia."

Selengkapnya video:




Kalian jangan berharap bocah ini dipejaraken. Endingnya cuma begini.

Memperkuat bahwa Polisi cuma jadi jongos.




Mengancam menembak , memasung bahkan disertai ancaman membakar rumah segala itu bukan lagi kejahatan ringan ,palagi yg diancam itu org no 1 di Indonesia ,
Soal si Cina ini ngatain si @jokowi kacungnya , gw nokomen dah





Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

YES MUSLIM - Portal Muslim Terupdate !

Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

Baca Artikel Menarik Lainnya 



Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top